Sabtu, 29 Agustus 2009

Mengenang michael jackson di dunia maya

Raja yang satu ini nggak pernah mati walaupun dia telah wafat. Kematiannya yang didiagnosa sebagai bunuh diri (mungkin dia merasakan sakit akibat operasi seperti itu pada seluruh bagian tubuhnya).

MJ dikenal sebagai raja pop ini setelah kematian banyak orang mengenangnya dengan cara mendownload dan mendiskusikannya. Pada hari kematiannya pada 25 Juni 2009 pada usia 50 tahun lalu, banyak diragukan orang. Orang mencari di google dengan tag: "michael jackson death false hoax" seakan nggak percaya ia telah tiada. Dunia lantas berduka, tempat tempat yang pernah disinggahi MJ semasa hidupnya ditaburi bunga, termasuk Neverland.

Lalu bagaimana dengan dunia maya sendiri? Pada hari kematiannya yang mata dunia benar-benar tetuju padanya, Google, Wikipedia, Facebook, dan Twitter mengalami crash dan down pada servernya akibat permintaan pencarian dan diskusi tentang MJ ini. Di Google sendiri sampai-sampai harus menayangkan halaman error (http://googleblog.blogspot.com/2009/06/outpouring-of-searches-for-late-michael.html).

Twitter, mengalami crash karena 5000 tweet per menit yang membebani server mereka sedang Wikipedia terjadi CPU Overload karena adanya mass edit terhadap artikel Michael Jackson. Dan namanya menjadi Trending Topic yang stabil selama Juni - Agustus 2009. Stasiun radio lokal (indonesia) bahkan mengenangnya dengan menggelar nonstop Michael Jackson music . American Online atau AOL mengalami down selama 40 menit gara2 hal ini. Secara pribadi, di semua forum yang aku ikuti baik kaskus, fakku, animeosts, dll membuat sebuah thread mengenang sang raja pop.

Penjualan dan download segala yang berhubungan Michael Jackson mulai dari album legal di iTunes, album ilegal di Torrent (yag hingga saat ini merajai tangga musik download di torrent), sampai ringtonenya sangat laris.

Sebegitukah hebat michael jackson hingga kesedihan semua fansnya di seluruh dunia menangisinya? Termasuk aku...

Tidak ada komentar: