Selasa, 16 Desember 2008

Bush dan Sepatu


Saat melakukan konferensi press di Baghdad, Presiden Amerika Serikat, George W Bush, mengalami insiden memalukan. Seorang jurnalis lokal (irak), melepas sepatunya dan melemparnya pada Bush, namun, ia berhasil menghindarinya dengan menunduk. Agak setimpal yah dengan perbuatannya yg menghancurkan irak.

Pelaku yang membuat malu orang nomor satu di AS itu adalah wartawan Iraq bernama Muntadar al-Zaidi, 28. Dia koresponden televisi Al-Baghdadiya, sebuah stasiun televisi Iraq yang berkantor pusat dan mengudara dari Kairo, Mesir.

Al-Zaidi sekonyong-konyong bangkit dari kursinya dan berteriak dalam bahasa Arab. "Ini hadiah dari rakyat Iraq. Ini ciuman perpisahan, kamu anjing," teriak jurnalis Iraq itu sambil melemparkan sepatunya ke wajah Bush.

Rupanya, di usia 62 tahun, refleks Bush bagus juga. Dia spontan membungkuk sehingga terhindar dari lemparan. Sepatu wartawan muda itu hanya melintas di atas kepala Bush dan menghantam bendera AS dan bendera Iraq di belakangnya dengan suara cukup keras.

Reaksi Bush atas hal ini menganggapnya sepele dan berkata "Hal ini tidak mengganggu saya. Jika Anda menginginkan fakta, itu sepatu ukuran 10 yang dilemparkannya,". Ya ya ya boleh jadi dia meremehkan kejadian itu. Tapi, ungkapan lemparan sepatu itu dalam bangsa arab adalah penghinaan yang sangat besar.

Belakangan, kejadian ini direkam dan di upload ke youtube dan langsung menjadi video paling ditonton dalam beberapa jam. Sebaiknya, kini para protokol keamanan harus mempunyai peraturan baru, seperti, tidak membawa sepatu ke ruang konferensi pers. :D

Aku akan menunggu orang yang akan mengabadikan kejadian ini dengan membuat game versi Flashnya. Mungkin aku akan memajangnya di blog ini :D

Tidak ada komentar: