Senin, 25 Mei 2009

Main game: Game Console Timeline


Baru baru ini aku dapet PS3 60GB yang langka (sony memutuskan menghentikan versi ini karena mahal) dan aku dapet dari hadiah dari situs internet. Ada bonus game seperti GTA 4, dan aku teringat dengan GTA versi playstation one dulu (yang kameranya dari atas). Terus aku tertarik browsing di Gamefaqs.com buat liat2 screenshot game jadul itu. Eh, aku kemudian liat perkembangan GTA dari PSOne > PS2 > PS3, jadinya tertarik melihat perkembangan konsol. Aku sendiri punya 5 konsol dari 5 generasi (milik papa, kakak, aku)(Famicom/Nintendo Entertainment System/NES, Super Nintendo Entertainment System, Playstation One, PS2, Wii, dan PS3) . Aku coba baca2 buku petunjuk dari yang jadul ke yang paling mutakhir.

Rupanya, sejarah konsol game dan gamenya sendiri menarik banget. Dulu, papa main game sekedar pacman aja udah didiskus rame2 di kelas
nya. Kakak, namatin Mario bros aja udah gak keitung lagi berapa. Kakak satu lagi, main Final Fantasy di SNES duh heboh sendiri kadang, kalo disuruh ngapa2in ga mau. Aku main FF12 di PS2 apa lagi... ga makan seharian kadang waktu namatinnya. Adikku sekarang, main GTA4 di PS3 ama main SIMS Animal di Wii ga ingat waktu.

Lihat om Wikipedia, mengenai sejarah video game, ternyata konsol game terbagi 7 generasi. dari 1 bit sampe 126 bit sekarang... Keluargaku mulai kenal video game dari generasi ke 3 dimana dimulai dari NES.

Tidak ada komentar: